Seni Rupa di Indonesia

    Seni Rupa di Indonesia

    Bicara soal seni atau seni rupa, tentunya yang terlintas dalam fikiran kita ialah sebuah keindahan atau yang berhubungan dengan hal yang indah. Tak sering terfikirkan oleh masyarakat umumnya tentang sebuah tatanan kota yang rapi dan baik termasuk juga memiliki unsure seni atau sebuah iklan yang menarik dan lucu, mengandung unsure seni juga. Disitulah refleksi kesadaran masyarakat mengenai seni di Indonesia yang umumnya masih awam.

    Banyak yang menyebutkan seni masih belum berkembang di Negri kita ini. Misalkan suatu kasus kebanyaan usahawan mengimpor seniman arsitek untuk sebuah proyek besar sedangkan arsitek local hanya pegang yang mudah udah saja. Entah karena bangsa ini masih taraf berkembang atau para senimannya yang belum cukup ilmu. Atau bisa jadi masyarakat umum amb jalur aman dan belum percaya sepenuhnya dengan kemampuan “keluarga” sendiri.

    Kembali lagi pada seniman itu sendiri, mampukah mereka berkomitmen untuk dapat dipercaya. Masih berputar lagi pada ilmu seni yang mereka pegang. Sejauh mana mereka memahami dan mengetahui seni dibanding Negara- Negara meju yang juga ssentra seni seperti paris atau inggris misalnya.

    Banyak calon generasi muda yang berniat mendalami seni hingga keilmu ilmu yang paling dalam. Namun kebanyakan niat itu kandas ketika sarana yang tersedia di Negri kita yang tercinta ini tidak mendukung akan hal itu. Bayangkan saja berapa perbandingan jurusan seni rupa atau pendidikan seini rupa bila dibandingkan dengan jurusan lain seperti matematika atau bahasa diseluruh universitas di Indonesia. Akan sangat tampak jauh mencolok selisihnya dan imbasnyapun pemerintah akan erasakan nya lambat laun.

Total Pageviews